PLTU Barru 100 MW Segera Dibangun

MAKASSAR – Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan (Pikitring) PT. PLN Wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulmapa) segera membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berkapasitas 100 mega watt (MW) di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan tahun 2008 ini.

“Proyeknya sudah selesai ditender dan sekarang dalam tahap persiapan pelaksanaan konstruksi,” kata General Manager PLN Pikitring Sulmapa, H Ahmad Siang di Makassar, Jumat.

PLTU Barru yang akan menggunakan bahan bakar batubara itu berkapasitas 2 x 50 MW dan ditargetkan mulai memasok listrik ke sistim kelistrikan Sulawesi Selatan pada akhir 2009.

Ahmad Siang yang didampingi Manager Operasi, Ir Amihwahnuddin tidak merinci dana proyek tersebut kecuali mengatakan bahwa proyek itu dibiayai APBN karena merupakan bagian dari program percepatan pembangunan pembangkit listrik 10.000 MW yang dicanangkan pemerintah.

Proyek pembangkit yang masuk dalam program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan pembangkit listrik yang digarap Pikitring Sulmapa tersebut berada di delapan lokasi.

Lokasi-lokasi PLTU itu adalah 2×50 MW di Barru (Sulsel), 2×25 MW di Amurang (Sulut), 2×25 MW di Gorontalo, 2×15 MW di Konawe (Sultra), 2×7 MW di Ternate (Maluku Utara), 2×10 MW di Ambon, 2×10 MW di Jayapura dan 2×7 MW di Timika.

“Proyek kelistrikan tersebut akan menelan dana sekitar Rp2,8 triliun dan diharapkan selesai seluruhnya pada tahun 2010,” kata Ahmad siang yang sekarang juga menjabat sebagai General Manager PT.PLN (Persero) Wilayah Kalimantan Timur itu.

Ahmad mengaku bahwa keterbatasan pembangkit listrik merupakan salah satu kendala besar dalam upaya menggenjot pembangunan ekonomi di Sulmapa yang memiliki potensi cukup besar.

PLN Pikitring Sulmapa tahun 2008 ini mengelola dana pembangunan pembangkit dan jaringan kelistrikan dari APBN dan APLN sekitar Rp2,5 triliun, meningkat dibanding tahun sebelumnya sekitar Rp900 miliar dengan kinerja 2007 yang mencapai hampir 95 persen.

About these ads

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.