Bill Gates akan Datang ke Indonesia

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh mengatakan pendiri perusahaan peranti lunak komputer Microsoft, William H. Gates atau Bill Gates akan datang ke Indonesia untuk menghadiri Government Leaders Forum yang digelar di Jakarta pada 8 – 9 Mei 2008.

“Bil Gates akan hadir dalam acara Government Leader Forum Asia di Jakarta,” kata Menkominfo dalam jumpa pers di kantornya di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan kepastian pendiri Microsoft ke Indonesia dari surat balasan Bill Gates tertanggal 14 November 2007 yang menjawab surat permintaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono agar dia datang ke Jakarta.

Nuh menambahkan saat ini pemerintah sedang mengkaji kemungkinan adanya kerja sama Indonesia dengan Microsoft Indonesia berkaitan dengan datangnya Bill Gates tersebut.

“Kita sedang mempersiapkan dengan baik apakah ada pertukaran baru atau apa yang bisa dibuat kerjasama antara Microsoft dengan Indonesia,” tambahnya.

Sebelumnya Presiden Direktur Microsoft Indonesia Tony Chen mengatakan pihaknya segera mengumumkan kepastian pendiri perusahaan Microsoft Bill Gates ke Indonesia dalam rangka menghadiri Government Leaders Forum.

“Dalam waktu dekat kita akan umumkan (kepastian kedatangan Bill Gates ke Indonesia),” kata Tony Chen usai jumpa pers peluncuran peranti lunak Microsoft terbaru yaitu Windows Server 2008, Microsoft Visual Studio 2008 dan Microsoft SQL Server 2008 di Jakarta, Kamis (21/2).

Tony mengatakan kepastian Bill Gates tersebut menunggu kepastian Indonesia menjadi tuan rumah forum Government Leaders Forum yang merupakan pertemuan rutin tahunan dari pimpinan negara se Asia Pasifik yang membahas mengenai teknologi informasi dan penerapannya bagi kemaslahatan manusia di berbagai bidang.

Negara yang terpilih menjadi tuan rumah akan diumumkan pada bulan Februari 2008, dan untuk tahun 2008, ada lima kandidat tuan rumah yaitu Indonesia, Malaysia, Vietnam, Jepang dan Korea.

Tony optimistis peluang Indonesia menjadi tuan rumah karena ada beberapa hal penting yang mendukung antara lain kebijakan pemerintah dan pengembangan teknologi informasi di Indonesia.

“Kalau kita lihat Indonesia sebagai negara besar di Asia, peluang kita bagus. Ditambah lagi dukungan pemerintah yang sangat `concern` terhadap perkembangan TI,” kata dia.

Selain itu, keamanan menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan tuan rumah.

“Terjaminnya keamanan di Indonesia akan membuat peluang kita menjadi baik pula. Di luar negeri, jika belum pernah ke Indonesia biasanya persepsi soal keamanan kurang baik. Keamanan sangat mendukung pemilihan tersebut,” ujarnya.

Tony mengatakan Government Leaders Forum merupakan ajang yang akan menghadirkan para pemimpin negara atau pemerintah di negara-negara Asia Pasifik dari berbagai bidang terutama bidang teknologi informasi, ekonomi, pemerintahan dan kemasyarakatan.

“Pada forum itu, kita tidak akan bicara soal produk, tetapi berbicara bagaimana peran teknologi informasi untuk pembangunan bangsa, misalkan soal pendidikan, kesehatan dan ekonomi,” tambah Tony.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s