BLI Tunda Umumkan ‘Daftar Hitam’ Pemain Asing

JAKARTA – Badan Liga Indonesia (BLI) Rabu, menunda untuk mengumumkan daftar hitam pemain asing yang tidak pantas berlaga di kompetisi Sepak Bola Tanah Air. Direkur Kompetisi BLI Djoko Driyono di Jakarta Rabu mengatakan, pihaknya masih melaksanakan proses verifikasi terhadap para pemain asing tersebut.

Rencananya BLI baru akan mengumumkan daftar itu pada 10 Maret.  “Kami masih melakukan verifikasi sehingga belum dapat diumumkan daftar para pemain asing yang bermasalah itu,” kata Djoko usai melaksanakan sosialisasi persyaratan kompetisi Liga Super 2008 kepada 18 klub calon peserta.

Dalam hal ini, menurut Djoko, pihak BLI tidak mau sembarangan dan harus bersikap hati-hati. Karena dalam hal itu ada aspek legal yang juga harus diperhatikan oleh BLI.

“Kami butuh dukungan PSSI, karena BLI sendiri tidak punya wewenang untuk menentukan status seorang pemain,” katanya.

Sementara itu, Direktur Status dan Alih Status Pemain PSSI Max Boboy mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu hasil verifikasi itu. Dia berharap, PSSI dapat menyerahkan laporan daftar hitam pemain asing itu secepatnya.

“Kami masih tunggu laporan dari tim. Saya harap bisa secepatnya, karena hasil verifikasi itu sangat ditunggu oleh klub,” kata Max.

Menurut dia, terkait penentuan daftar pemain asing bermasalah itu, pihaknya telah mengajukan beberapa kriteria yang dapat dijadikan rujukan oleh BLI. Kriteria tersebut antara lain, masa edar si pemain di Indonesia(empat tahun), sikap mental, prestasi, dan peringkat klub.

“Itu kan hanya BLI yang tahu. Yang pasti kalau ada pemain sudah lewati masa edarnya, maka dia tidak boleh lagi dipakai oleh klub manapun,” kata Max Boboy.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s