DPRD Bekasi Tanya Izin Mal dan RS

BEKASI – Anggota Komisi B DPRD Kota Bekasi M Hasyim Affandi mempertanyakan surat izin mendirikan bangunan (IMB) mal Bekasi Square dan Blue Mall dan rumah sakit Global Hospital.  “Hingga saat ini pengembang belum mampu menunjukkan IMB kepada Komisi B DPRD Kota Bekasi sehingga menimbulkan kecurigaan tidak mengantongi IMB dan kelengkapan surat izin lain yang diperlukan untuk membangun,” kata Affandi kepada Antara di Bekasi, Rabu.

Bila kecurigaan atau dugaan itu benar, Affandi yang berasal dari Fraksi PAN mendesak pemerintah kota berani membongkar bangunan tersebut.

Anggota komisi yang membidangi Ekonomi dan Pembangunan itu mengatakan Bekasi Square yang terletak di Jalan Achmad Yani dan Blue Mall di Jalan Chairil Anwar berada di jalur hijau dan daerah resapan air sehingga mengakibatkan permukiman warga kerap dilanda banjir.

Komisi B DPRD Kota Bekasi, katanya, menyadari pembangunan mal perlu untuk mendongkrak pertumbuhan ekonom tetapi apa artinya pembangunan wilayah yang maju pesat sedangkan masyarakat jadi korban banjir.

Pembangunan Global Hospital yang terletak di Jalan KH Noer Alie dan kedua mal itu masih terus berlangsung.

Menanggapi pernyataan Affandi, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Tjandra Utama Effendi mengatakan pemerintah kota tidak akan mengizinkan pengembang membangun sebelum mengantongi IMB, HO (Hinder Ordonantie atau Izin Tempat Usaha), IPAL (Izin Instalasi Pengolahan Air Limbah), Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) dan Andal (Analisis Dampak Lingkungan Hidup) dari instansi terkait.

Tjandra bahkan mendesak pihak DPRD mengecek ke lapangan dan menemui pengembang pembangunan Bekasi Square, Blue Mall, dan Global Hospital, untuk memastikan kelengkapan izin-izin tersebut. “Mana mungkin pengembang membangun mal dan rumah sakit tanpa mengantongi surat izin,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s