Harga Minyak Goreng di Yogya Naik

YOGYAKARTA – Harga minyak goreng di sejumlah pasar tradisional di kota Yogyakarta pada pekan pertama Maret 2008 kembali naik. Menurut Sunarto, pedagang sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) di Pasar Demangan, Kota Yogyakarta, Rabu, harga minyak goreng jenis curah Barco saat ini naik menjadi Rp16.500/kg dari sebelumnya Rp14.500/kg.

“Sekarang kami kesulitan menjual minyak goreng curah Barco, karena permintaan menurun akibat harga minyak goreng ini terus naik,” katanya.

Padahal, kata dia, selama ini permintaan akan minyak goreng curah Barco paling tinggi dibandingkan lainnya.

“Sebelum ada kenaikan harga, setiap hari rata-rata terjual lima kaleng besar (setiap kaleng berisi 16,5 kg) minyak goreng jenis curah. Namun sekarang hanya terjual rata-rata tiga kaleng per hari,” katanya

Sementara itu, harga minyak goreng sawit tidak mengalami kenaikan, namun konsumen kurang menyukainya.

Ia mengatakan harga minyak goreng jenis curah sejak belakangan ini tidak menentu. “Setiap kali kami menerima pasokan, harganya pasti naik. Ini menyulitkan kami, karena perubahan harga cepat sekali,” katanya.

Kondisi yang sama juga dikemukakan Sri Yohana, pedagang di Pasar Demangan Yogyakarta. Kata dia, sejak dua hari lalu harga minyak goreng jenis curah Barco naik Rp1.000 hingga Rp1.500 per kilogram.¬†“Ini menyulitkan pedagang, karena selain harganya naik, omset penjualan menurun terus. Kami tak bisa berbuat banyak, dan hanya bisa menyesuaikan harga,” katanya.

Kata dia, minyak goreng yang dipasok ke pedagang harus dibayar tunai, dan pedagang tentu akan menjual dengan harga baru.

Kepala Seksi Pengawasan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Yogyakarta, Imam Nurwahid mengatakan pihaknya masih menunggu kebijakan dari Disperindagkop Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terkait dengan distribusi minyak goreng bersubsidi.

“Belum ada kepastian kapan minyak goreng bersubsidi mulai didistribusikan ke masyarakat, dan kami masih menunggu kebijakan dari Disperindagkop provinsi,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s