Pendidikan Gratis di Sidoarjo Masih Mimpi

SIDOARJO – Pemberlakuan biaya pendidikan gratis bagi siswa di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, saat ini tampaknya masih berupa “mimpi”. Hal itu karena pihak eksekutif dan legislatif saat ini masih menemui kendala dalam pengalokasian dana dan butuh pengkajian lebih mendalam lagi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, MG Hadi Sutjipto, SH di Sidoarjo, Rabu mengatakan, kendala yang dihadapi adalah terkait dengan kebutuhan anggaran yang akan diambilkan melalui APBD Sidoarjo.

Namun prinsipnya, rencana penggratisan biaya pendidikan siswa sekolah di Kabupaten Sidoarjo saat ini dinilai cukup penting, terutama untuk siswa yang kurang mampu.

“Anak-anak kurang mampu harus gratis dan saat ini sedang di “setting” jumlah anggaran yang dibutuhkan. Makanya, saat ini sedang dikalkulasi,” katanya.

Pendidikan gratis di Sidoarjo seringkali didengungkan oleh DPRD Sidoarjo. Sutjipto menjelaskan, jika pengalokasian dana itu memang benar-benar bisa direalisasikan, maka upaya penggratisan siswa kurang mampu di Sidoarjo bisa segera direalisasikan.

“Tapi, kapan itu bisa diwujudkan, kami masih menunggu keputusan DPRD Sidoarjo dalam menetapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pendidikan,” katanya.

Berdasarkan data di Dinas Pendidikan Sidoarjo Sidoarjo saat ini tercatat ada sekitar 341 ribu siswa mulai SD hingga SMA. Sedang untuk data siswa yang kurang mampu saat ini masih dilakukan pendataan.

Ia mengatakan, untuk menentukan siswa kurang mampu dan mendapatkan penggratisan biaya pendidikan, pihaknya akan mensetting dengan memberlakukan kartu Keluarga Misin (gakin).

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s