Pengkapan Urip Jawab Keraguan Masyarakat

JAKARTA – Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) Taufik Effendy menegaskan, penangkapan jaksa Urip Tri Gunawan merupakan jawaban atas keraguan masyarakat terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia juga setuju bila KPK mengambilalih kasus korupsi BLBI.

“Penangkapan jaksa Urip dalam kasus suap, bahwa keraguan masyarakat yang begitu besar selama ini ke KPK terjawab sudah,” kata Menneg PAN Taufik Effendy usai membuka seminar tentang pemberantasan korupsi di kantornya, Jl Sudirman, Jakarta, Rabu (5/3).

Ketika ditanya tentang wacana agar KPK mengambil alih kasus megakorupsi BLBI, Effendy sangat setuju. “Boleh saja, itu kan ada di UU-nya. Itu kan dimungkinkan, kalau ada kasus yang macet bisa ke KPK,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Effendy juga mengatakan, pemberantasan tindak pidana korupsi tidak hanya tanggung jawab para penegak hukum, tapi juga perlunya pencegahan di lingkungan masyarakat. “Itu tanggung jawab kita semua, masyarakat maupun di lingkungan keluarga,” jelasnya.

Sementara dalam sambutan pembukaan seminar, Effendy juga sempat mengatakan, bagaimana saat ini semua pihak memberantas korupsi dengan pencegahan dan penindakan. Pencegahan artinya menutup pintu dan menutup niat untuk melakukan tindakan tersebut, termasuk mereformasi sistem administrasi yang lebih canggih.

“Kekuasaan yang berlebihan juga bisa memunculkan sikap dan tindakan yang korup serta ucapan yang korup,” imbuhnya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s