Petani di Tegal Terancam

TEGAL – Petani di Kota Tegal dan Brebes Jawa Tengah terancam tidak akan menikmati kenaikan harga bawang yang saat ini mencapai Rp8.000,00 per kilogram. Hal itu, menurut Ketua Kelompok Tani Tri Mulyo II Kota Tegal, Asmawi Aziz di Tegal, Rabu, menyusul dengan masuknya pasokan bawang impor dari Cina, India, dan Filpina yang merambah di pasaran daerah itu.

Dia mengatakan, pasokan bawang impor di pasaran setiap hari mencapai satu hingga dua peti kemas dengan harga Rp6.500/kg sehingga dipastikan harga bawang akan anjlok.

“Saat ini, kami pastikan petani tidak dapat menikmati kenaikan harga bawang sebab harga bawang impor dijual lebih murah dari harga bawang lokal,” katanya.

Menurut dia, harga bawang lokal dengan kualitas I mencapai Rp8.000/kg, kualitas dua Rp7.000,00/kg dan kualitas tiga Rp6.000/kg sedangkan harga bawang impor mencapai sekitar Rp6.500/kg.

“Namun kenaikan harga bawang lokal yang sudah berlangsung dua pekan terakhir ini kami perkirakan akan anjlok,” katanya.

Ia mengatakan, selain menghadapi ancaman turunnya harga bawang, petani kini juga dihadapkan pada persoalan naiknya harga bibit bawang merah yang mencapai Rp800.000 per kuintal.

“Saat ini petani bawang resah dengan munculnya kenaikan harga bibit dan merebaknya bawang impor sehingga mereka berharap pemerintah bisa menurunkan harga bibit dan membatasi masuknya bawang impor di pasaran,” katanya.

Rastono, salah seorang petani mengatakan, para petani merasa kelabakan dengan masuknya bawang impor di pasaran yang harganya lebih murah dibanding harga bawang lokal saat memasuki masa panen.

Ia berharap pemerintah membatasi masuknya bawang impor di pasaran sehingga harga bawang lokal tetap bertahan. “Kami tidak akan mempermasalahkan masuknya bawang impor itu asal ketika petani sedang memasuki masa tanam,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s