Polisi Tangkap Pelaku Ilegal Loging

PANDEGLANG – Polisi Pandeglang, Banten, berhasil menangkap pelaku ilegal loging di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) di Blok Cibadak, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

Kapolres Pandeglang AKBP Mamat Surahmat, Rabu, mengatakan, tersangka yang ditangkap bernama Luk (35) warga Desa Cibadak, Kecamatan Cimanggu, Pandeglang berikut barang bukti satu truk kayu hutan hasil penebangan liar di kawasan TNUK.

Penangkapan ini dilakukan di tempat kejadian setelah pelaku menebang kayu menggunakan mesin di kawasan tersebut.

Saat ini, kata dia, barang bukti diamankan di Mapolres Pandeglang guna mengusutan lebih lanjut. “Tidak tertutup kemungkinan pelakunya lebih banyak lagi,” katanya.

Menurut dia, pelaku penebangan liar sudah menjadi target petugas, karena berdasarkan laporan masyarakat sebagian besar kawasan TNUK kondisinya rusak parah.

Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan razia serta operasi untuk menangkap pelaku pencuri kayu hutan.  Akan tetapi, petugas baru menangkap seorang dan kini sedang dikembangkan untuk menangkap pelaku lainnya.

Ia menyebutkan, kasus pelaku ilegal loging akan diproses secara hukum karena melanggar konservasi sumber daya alam. Selain itu,juga dapat merusak habit dan ekosistem di sekitar kawasan TNUK.  “Pelaku bisa terancam hukuman lima tahun penjara,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s