Irjen Pol FX Sunarno Kapolda Baru Jateng

SEMARANG – Irjen Pol. FX. Sunarno yang menjadi Kapolda Jateng menggantikan Irjen Pol. Dody Sumantyawan langsung mendapat tugas untuk mengamankan pemilihan gubrenur (Pilgub) Jawa Tengah yang dijadwalkan berlangsung tanggal 22 Juni 2008.

“Kita akan lakukan persiapan-persiapan dalam rangka pengamanan pilgub sesuai dengan tahapan-tahapannya. Jadi setiap tahapan pilgub kita laksanakan pengamanan maksimal sehingga pada saatnya bisa berjalan dengan lancar,” kata Sunarno usai upacara parade Kapolda Jateng di Semarang, Rabu.

Saat disampaikan analisa daerah-daerah yang terkenal dengan sumbu pendek pada pilgub mendatang, dia mengatakan, mudahan-mudahan bisa digarap dengan baik dan tidak muncul masalah-masalah baru.

“Kalau dari awal sudah bisa kita garap dengan baik, tentunya diharapkan pada saatnya bisa kita redam,” katanya menegaskan.

Dia berharap para pimpinan partai politik bisa memberikan pendidikan politik kepada masyarakat sehingga situasi dan kondisi pilgub bisa berjalan baik karena bagaimanapun pilar demokrasi ada di partai politik.

“Mudah-mudahan parpol bisa memberikan pendidikan yang baik bagi konstituennya sehingga gejolak-gejolak yang timbul bisa dihindari. Demokrasi harus dilandasi jiwa sportivitas, kejujuran, dan sebagainya,” kata Mantan Deputi Operasi Kapolri tersebut.

Langkah-langkah penting untuk menekan angka kriminalitas di wilayah Jateng, menurut dia, dengan mengedapankan tindakan preentif dan preventif. “Kita akan berusaha menyelesaikan kasus-kasus yang meresahkan masyarakat, termasuk tindak pidana korupsi yang menjadi bagian dari prioritas penanganannya,” katanya.

Ketika ditanya skala prioritas penanganan tindak kriminal di Jateng, dia mengatakan, tentunya nanti setelah mendapat paparan dari Irjen Pol. Dody Sumantyawan (kapolda sebelumnya) akan dipetakan skala prioritas penanganan.

“Tentunya yang kita pilih untuk segera ditangani adalah tindak kejahatan yang meresahkan masyarakat. Ini yang kita pilih pertama kali untuk segera ditangani,” katanya.

Saat disampaikan tindak pidana korupsi, dia mengatakan, itu merupakan bagian dari skala prioritas kebijakan baik dari Kapolri maupun di polda.

Menurut dia, memang ada beberapa aspek penanganan dari Polda Jateng. “Kalau itu memang menjadi sumber masalah, tentunya akan kita tangani,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s