Luncurkan Replika Miniatur Obor Olimpiade

BEIJING – Panita Penyelenggara Olimpiade Beijing 2008 (BOCOG) meluncurkan replika miniatur obor Olimpiade 2008 yang dinamakan “Obor Olimpiade Beijing edisi klasik” yang dijual kepada masyarakat umum seharga 2.900 yuan atau sekitar Rp3,71 juta mulai 8 Maret 2008.

“Produk replika tersebut memiliki lisensi dan keunikan tersendiri sehingga akan banyak diburu oleh para kolektor benda-benda unik. Setiap replika yang di jual akan memiliki tanda pengesahan oleh pejabat notaris publik Beijing,” kata Direktur Departemen Pemasaran BOCOG Wang Yu, kepada pers, ketika meluncurkan replika tersebut, di Beijing, Kamis.

Hal menarik dalam replika miniatur obor yang hanya akan diproduksi sebanyak 200 ribu itu, katanya, bahan baku dasar yang dipergunakan menggunakan baja sisa kelebihan yang dipergunakan untuk membangun Stadion Nasional “Sarang Burung”, yang nanti akan dipergunakan untuk pembukaan dan penutupan Olimpiade 2008 serta sejumlah cabang olahraga.

Selain itu juga, replika tersebut juga sama persis dengan obor Olimpiade aslinya yang memiliki tulisan konsep Olimpiade Beijing, yaitu “Olimpiade Hijau, Olimpiade Teknologi Tinggi, dan Olimpiade Milik Masyarakat”.

Replika tersebut bertinggi 29 sentimeter dan, menurut Wang, angka itu mencerminkan penyelenggaraan Olimpiade modern ke-29 yang akan diadakan di Beijing Agustus tahun ini. Sementara obor asli api Olimpiade memiliki tinggi 72 sentimeter dan berat 985 gram.

Ia mengatakan pula, replika miniatur obor Olimpiade tersebut juga telah mendapat persetujuan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk segera dapat di jual dipasaran dengan edisi terbatas.

“Ini merupakan yang pertama kali IOC memberikan izin bagi panita penyelenggara olimpiade menjual replika miniatur obor kepada masyarakat umum,” katanya.

Dirinya berkeyakinan, replika tersebut akan mendapat sambutan positif bagi para pemburu kolektor benda-benda unik dan antik karena disamping memiliki nilai yang berharga juga hanya diproduksi sangat terbatas.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s