Mendagri Digugat

MANADO – Mantan Wakil Ketua DPRD Sulut Rosye Pandegiroth Roeroe menggugat Mendagri Mardiyanto karena telah mengeluarkan keputusan Nomor 161.71-146 tahun 2008 soal pergantian antarwaktu (PAW). “Saya sudah mendaftarkan gugatan melalui kuasa hukum ke Pengadilan Negeri,” kata Roeroe di Manado, Kamis.

Roeroe yang berasal dari Fraksi Partai Damai Sejahtera (PDS) terkena PAW di DPRD Sulut. Ia diganti oleh Ketua DPW PDS Sulut Arthur Kotambunan.

Selain Roeroe, anggota DPRD dari fraksi yang sama, Janni Kopalit dari daerah pemilihan Kabupaten Bolaang Mongondow juga terkena PAW. Janni diganti oleh Syeni Kalangi.

Selain menggugat Mendagri, Roeroe juga menggugat Gubernur SH Sarundajang, Ketua DPRD Syahrial Damopoli, serta KPUD yang melakukan proses verifikasi PAW.

Roeroe menyatakan bahwa keabsahan dalam proses PAW itu tidak jelas atau cacat hukum mengingat verifikasi tidak ditandatangani dirinya selaku Wakil Ketua DPRD.

Dalam Undang-Undang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR, DPD dan DPRD seharusnya pimpinan dewan berhak menandatangani usulan PAW, katanya.

Menurut dia, ada dugaan kuat telah terjadi upaya menjatuhkan dirinya dari kelembagaan DPRD, berawal dari proses usulan PAW dari PDS yang tidak prosedural. Roeroe mengaku tidak pernah melakukan kesalahan organisasi partai.

Sementara itu Ketua DPRD Syahrial Damopoli mengatakan proses PAW sudah sesuai mekanisme. “Sejauh ini proses PAW sudah final,” katanya.

Ia mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap anggota DPRD yang baru hasil PAW akan dilakukan pada pekan depan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s