Minyak Tanah di Surabaya Rp4.500/Liter

SURABAYA – Harga minyak tanah di tingkat pengecer di Surabaya sudah mencapai Rp4.500 per-liter, bersamaan kelangkaan minyak tanah akibat konversi minyak tanah ke elpiji. “Di masa normal, harga minyak tanah hanya Rp2.500 per-liter, tapi di masa kelangkaan sekarang ini sudah mencapai Rp4.500 per-liter,” kata warga Jemurwonosari, Surabaya, Ny Suratmi, Kamis.

Menurut penjual “jajanan” (kudapan) itu, pihaknya terpaksa menaikkan harga dagangannya, karena harga minyak tanah yang cukup tinggi. Apalagi harga minyak goreng curah juga sudah mendekati Rp15.000 per-liter.

“Itu pun, kami harus antre mulai pagi, sebab di kampung saya sudah sepekan ini terjadi antrean setiap hari. Bahkan tiga hari terakhir, sudah ada warga dari kampung lain yang ikut antre di sini,” kata ibu dua anak itu.

Antrean serupa juga terjadi di beberapa perkampungan dan pemukiman di Surabaya, diantaranya di Kampung Malang, Pandegiling, dan Kertajaya.

“Saya bukan tidak mau dengan elpiji, tapi kalau meledak, siapa yang menanggung,” kata warga Kampung Malang, Ny Jufri, di sela-sela antre minyak tanah di kampungnya.

Tapi, kata penjual mi goreng itu, antrean juga terjadi di kampung saudaranya di Jambangan yang tidak menjadi sasaran konversi minyak tanah ke elpiji.

Sebelumnya, Pjs General Manager Pemasaran Bahan Bakar Minyak (BBM) Retail Region V, Ageng Iriono, di sela-sela pisah kenal Asisten Manager Eksternal Relationship di Surabaya (4/3) menyatakan, Pertamina akan terus melakukan operasi pasar ke titik-titik strategis.

“Untuk memudahkan masyarakat, Pertamina melakukan operasi pasar melalui pangkalan yang memiliki kapasitas tidak kurang dari 5.000 liter. Tapi, mungkin masyarakat juga mengalami kepanikan, padahal persediaan aman,” katanya.

Data Pertamina mencatat konversi minyak tanah ke elpiji tiga kilogram di Jatim pada 2007 terealisasi sebanyak 746.335 Kepala Keluarga (KK) untuk wilayah Surabaya (140.728 KK), Sidoarjo (311.631 KK), Lamongan (108.360 KK) dan Kota Malang.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s