Priyo Budi Santoso Mangkir Bersaksi

JAKARTA – Ketua Fraksi Partai Golkar DPR Priyo Budi Santoso mangkir dari panggilan jaksa KPK untuk bersaksi di kasus Bapeten. Sidang kasus ini mendudukkan terdakwa mantan anggota DPR Noor Adenan Razak.

Tidak ada konfirmasi kehadirannya, padahal surat panggilan sudah disampaikan langsung ke tangan Priyo. “Sedianya sudah kami panggil, tapi sampai saat ini belum ada konfirmasi kehadiran Priyo Budi Santoso. Jadi kemungkinan tidak hadir,” ungkap jaksa Dwi Aris dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (6/3).

Dwi mengatakan hal itu menjawab permintaan majelis hakim yang diketuai Moerdiono untuk menghadirkan saksi kedua. Saat itu saksi pertama Kepala Biro Hukum Bapeten Guritno Lakolo baru saja selesai bersaksi.  “Jadi akan dipanggil kembali?” tanya Moerdiono lagi.  “Akan kita panggil kembali minggu depan,” jawab Dwi Aris.

Pada persidangan berikutnya, Kamis 13 Maret 2008, jaksa penuntut umum yang diketuai Sarjono Turin akan memanggil kembali Priyo bersama 2 saksi lainnya yakni konsultan Midi Wiyono dan Eha Julaeha.

Ditemui usai sidang, Sarjono Turin menjelaskan, kesaksian politisi Golkar Priyo Budi Santoso sangat penting karena menyangkut status terdakwa.

“Apakah benar terdakwa anggota Komisi VIII DPR saat anggaran belanja tambahan (ABT) proyek pembangunan pusdiklat disetujui,” pungkas Sarjono.

Priyo dan Noor Adenan merupakan anggota Komisi VIII DPR periode 1999-2004. Komisi VIII pada tahun 2004 lalu menyetujui Anggaran Belanja Tambahan (ABT) proyek pusdiklat Bapeten sebesar Rp 35 miliar.

Noor Adenan merupakan terdakwa ketiga yang diseret ke Pengadilan Tipikor dalam kasus pembangunan pusdiklat ini. Sebelumnya Pengadilan Tipikor telah memvonis Kepala Biro Umum Bapeten Hieronimus Abdul Salam dan pimpro pembangunan pusdiklat Sugiyo Prasojo.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s