Sambut Baik Pembersihan Jalur Busway

JAKARTA – Penumpang bus TransJakarta menyambut baik kebijakan Dinas Perhubungan DKI Jakarta untuk membersihkan jalur bus dari kendaraan pribadi dan angkutan umum.

“Perjalanan saya hari ini menjadi lebih cepat dibanding sebelumnya. Tidak ada lagi hambatan akibat mobil yang masuk ke jalur Busway,” kata Ayu (26), penumpang bus TransJakarta Koridor VI dengan rute Dukuh Atas-Ragunan di Jakarta, Kamis.

Ayu, yang naik bus TransJakarta dari Halte Dukuh Atas II dan turun di Halte Kantor Imigrasi, mengatakan kebijakan itu membuat bus yang ditumpanginya melaju tanpa banyak hambatan dan tidak terhenti karena masuknya mobil pribadi dan angkutan umum ke jalur bus.

“Di jalur ini, biasanya mobil nonTransJakarta masuk, terutama di jalan terusan Rasuna Said hingga Mampang, tapi hari ini bersih,” katanya.

Seperti Ayu, Ratih (27), penumpang bus di koridor yang sama juga mengatakan bahwa hari Kamis perjalanannya menuju Ragunan tidak terhambat karena tidak ada satu pun kendaraan pribadi dan angkutan umum yang masuk ke jalur BusWay dan menimbulkan kemacetan.

Menurut pantauan ANTARA, setelah menyatakan akan membersihkan semua jalur bus TransJakarta yang sudah dioperasikan (semua koridor kecuali koridor 8,9 dan 10-red) dari kendaraan pribadi dan angkutan umum, Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Badan Layanan Umum TransJakarta menempatkan dua petugas yang berasal dari Dinas Perhubungan dan Trantib.

Di beberapa bagian jalan seperti di kawasan Jalan Terusan HR Rasuna Said yang bersimpangan dengan Jalan Tendean penerapan kebijakan baru itu memang masih mengakibatkan arus lalu lintas sedikit tersendat.

Namun aparat kepolisian, Dinas Perhubungan dan Trantib tampak berusaha keras mengurai kemacetan itu dengan menghalau angkutan umum yang biasa berhenti cukup lama di mulut persimpangan untuk menanti penumpang.

Petugas juga tampak berjaga di sepanjang Koridor I Blok M-Harmoni. Meski mobil pribadi atau angkutan umum jarang terlihat memasuki jalur Bus Way di ruas jalan itu namun petugas tetap berjaga untuk memastikan tidak ada kendaraan lain yang menggunakan jalur bus TransJakarta.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s