Pele Jadi Anggota Panitia Piala Dunia 2914

RIO DE JANEIRO – Pele, yang secara menyolok tidak hadir pada acara saat Brasil dinobatkan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 tahun lalu, kini bergabung dengan panitia penyelenggara turnamen tersebut.

“Saya ingin menjadi bagian dari suatu Piala Dunia yang akan bermanfaat bagi Brasil,” katanya kepada televisi Globo dalam wawancara Kamis, di samping presiden Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF), Ricardo Teixeira.

“Saya harap Brasil dapat menyelenggarakan Piala Dunia yang akan menjadi teladan bagi FIFA dan dunia. Saya yakin saya dapat memberi sumbangan besar bagi keberhasilan Piala Dunia di negara kami,” katanya.

Brasil, yang merupakan calon tunggal tuan rumah turnamen tersebut, dikukuhkan sebagai tuan rumah terebut oleh FIFA Oktober lalu.

Pada waktu itu, Teixeira mengabaikan ketidakhadiran seorang pemain yang menjadi simbol sepak bola di negara Amerika Selatan itu.

“Saya tidak tahu di mana ia berada, tetapi kami mengundang dua pemain di sini yang mewakili generasi pemain hebat selama kepemimpinan saya,” katanya menunjuk pada mantan kapten Dunga, yang kini menjadi pelatih tim nasional, dan pemain penyerang Romario. Teixeira menjadi presiden CBF sejak 1989 dan hubungannya dengan Pele sering kurang baik.

Perselisihan terbuka
Perselisihan pertama terbuka secara umum tahun 1993, ketika Pele dilecehkan oleh badan sepak bola dunia, FIFA, yang menolak mengundangnya untuk ambil bagian dalam undian Piala Dunia 1994 di Las Vegas.

Penolakan ini sehubungan dengan serangan taja Pele terhadap Teixeira, menantu Joao Havelange, presiden FIFA pada waktu itu.

Perselisihan itu muncul kembali ketika Pele menolak mendukung usaha Brasil untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006. Penolakan dukungan Pele itu menjadi pukulan mematikan bagi pencalonan tersebut, yang ditetapkan beberapa hari sebelum pemungutan terakhir di Zurich.

Enam tahun lalu, Pele mengatakan ia telah menyatakan perdamaian dengan Teixeira, walaupun pasangan tersebut tidak pernah tampil sangat dekat.

Teixeira mengatakan Pele, yang akan berusia 73 tahu di tahun 2014, kemungkinan akan diberi peranan sebagai duta besar, kemungkinan berkunjung ke 31 negara finalis lainnya.
“Ia akan melakukan banyak perjalanan, ia merupakan nama yang tepat untuk mewakili Brasil di luar negeri,” katanya.

Brasil sebelumnya menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun 1950, ketika Pele masih berusia sembilan tahun. Ia tahun lalu mengatakan bahwa ia ingat ayahnya menangis ketika Brasil kalah 1-2 dari Uruguay di pertandingan menentukan turnamen tersebut.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s