Skid Row Masih Fenomenal

JAKARTA – Menggeberak dunia dengan raungan dan lengkingan, Skid Row yang fenomenal juga pernah mengalami pasang surut. Bongkar pasang formasi pernah terjadi di tubuh supergrup Skid Row yang baru saja menyapa penggemarnya di Jakarta.

Berdiri di New Jersey tahun 1986, Skid Row ingin tampil berbeda dengan kebanyakan band metal lainnya yang banyak bermunculan pada saat itu, seperti Bon Jovi, Poison, Guns and Roses, White Lion dll. Skid Row tampil agak sangar serta enggan menciptakan lagu slow rock, yang digandrungi pada masa itu.

Pendiri Skid Row sebenarnya adalah bassis Rachel Bolan dan gitaris Dave “The Snake” Sabo. Mereka mengajak Scotti Hiil untuk gitar dan drummer Rob Affuso. Sementara sebagai vokalis ditunjuk Sebastian Bach, yang menggantikan vokalis asli Matt Fallon yang mengundurkan diri.

Tiga tahun berselang, Skid Row akhirnya meluncurkan single perdana yang bertajuk ‘Skid Row’. Hits andalan single tersebut adalah “18 and Life”, “Youth Gone Wild”, dan “I Remember You”.

Warna musik yang mereka tawarkan sedikit berbeda dengan tren musik pada saat itu. Skid Row agak lari dari lirik romantis dan nada cinta. Tujuan mereka adalah menampilkan band heavy metal yang liar.

Ternyata heavy metal, hard rock dan glam metal yang ditawarkan bisa diterima oleh pasar. Hingga akhirnya Skid Row mampu bersaing dengan band papan atas dunia dengan penjualan album yang menembus angka 5 juta kopi di seluruh dunia. Single pertama Skid Row mendapat ganjaran lima platinum atas kesuksesan penjualan album.

Memasuki album ke tiga, Skid Row mulai goyang. Vokalis yang sudah menjadi ikon grup ini, Sebastian Bach memilih untuk hengkang karena merasa lelah. Tak sampai di situ, drummer Rob Affuso juga mengikuti langkah Bach.

Sepeninggal Bach dan Affuso, tiga punggawa Skid Row yang tersisa bertekad untuk tetap mempertahankan grup yang susah payah mereka bentuk ini dan mempunyai rencana untuk membuat single keempat.

Skid Row akhirnya sepakat untuk menunjuk vokalis baru yakni Johnny Solinger. Tapi di posisi drummer Skid Row belum menemukan orang yang cocok. Untuk menggantikan Affuso beberapa nama seperti Charlie Mills, Phil Varone (mantan drummer Saigon Kick) dan akhirnya David Gara menjadi drimmer resmi Skid Row. Terakhir, Dave Sabo memilih mundur hingga digantikan Ryan Cook.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s