Dirut Surya Dumai Group Setor ke KPK Rp 346 M

JAKARTA – Direktur Utama Surya Dumai Group Marthias telah divonis korupsi dan diwajibkan membayar uang pengganti oleh Pengadilan Tipikor. Beberapa hari lalu, Marthias telah membayar uang pengganti itu.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selaku penuntut telah menerima uang pengganti dari terpidana kasus izin pengelolaan kayu lahan 1 juta hektar di Kalimantan Timur itu senilai Rp 346.823.970.564. Uang tersebut dikirimkan melalui rekening BCA milik KPK.

“Kita telah mengeceknya ke BCA dan ternyata uangnya ada. Nantinya akan kita serahkan ke kas negara,” kata Ketua KPK Antasari Azhar di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (13/3).

Antasari lalu menunjukkan fotokopi bukti pembayaran sejumlah uang tersebut. Sebagai konsekuensi pembayaran, sejumlah aset Marthias yang disita kemudian dikembalikan pada pemiliknya.

“Beberapa saat lalu, KPK telah menyita beberapa aset Marthias. Sehingga saya perintahkan kepada Direktur Penuntutan untuk mengangkat kembali aset tersebut,” ujar dia.

Aset Koruptor
Antasari mengatakan, ke depan, KPK akan menyita aset-aset para koruptor meski pun belum mempunyai kekuatan hukum tetap. Kalau digugat bagaimana?

“Itu strategi kita. Kalau kita mau dilawan silakan, kita siap. Ke depan KPK juga dalam melakukan penyitaan tidak hanya menyita aset-aset yang diduga merupakan hasil korupsi tapi seluruh aset milik orang itu,” imbuh dia. Antasari kemudian berharap terpidana lain segera membayar uang pengganti

Marthias divonis Pengadilan Tipikor 18 bulan penjara, denda Rp 200 juta dan subsider 6 bulan kurungan. Selain itu dia dihukum membayar ganti rugi Rp 4,6 miliar.

Majelis hakim kasasi Mahkamah Agung kemudian mengubah jumlah uang pengganti yang harus dibayar Marthias. Sementara pidana penjara dan uang denda tetap.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s