Pelantikan Bupati Purwakarta Diwarnai Unjuk Rasa

PURWAKARTA – Pelantikan pasangan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Wakil Bupati Dudung B Supardi dalam rapat paripurna istimewa DPRD Purwakarta, Kamis, diwarnai unjuk rasa.

Puluhan orang pengunjuk rasa yang menamakan diri Gerakan Moral Masyarakat Purwakarta (GMMP) menolak pelantikan tersebut karena mereka menilai banyak kecurangan yang telah dilakukan oleh pasangan Dedi-Dudun dalam pemilihan kepala daerah pada 20 Januari lalu.

Namun mereka tidak bisa mendekati tempat pelantikan karena mereka terhalang barikade polisi.

Aksi mereka hanya dilakukan di tengah jalan, sekitar 500 meter dari gedung wakil rakyat itu, sehingga memacetkan arus lalu lintas.

Mereka hanya berunjuk rasa sekitar 30 menit dan setelah itu dibubarkan polisi. Pengunjuk rasa melanjutkan aksinya ke kantor bupati dan lembaga pemasyarakatan.

Di tengah jalan mereka terlibat bentrok dengan polisi. Seorang pengunjuk rasa, Ian Sopian (24) warga Jalan Ahmad Yahi, Cipaisan, dipukul polisi.

Insiden itu bermula dari keinginan pengunjuk rasa berdialog dengan Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan yang datang ke Purwakarta untuk melantik Dedi-Dudung, tetapi dihalang-halangi polisi.

“Ini aksi damai, kenapa polisi main pukul? Ini tindakan semena-mena, kami akan menuntut perkara ini,” kata Dani, seorang pengunjuk rasa menyesalkan insiden itu.

Jangan sombong
Sementara dalam sambutan pelantikan, Gubernur Jawa Barat antara lain berharap Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta yang baru jangan berbangga hati dan sombong dengan kemenangan dalam Pilkada.

Kemenangan itu, katanya, merupakan tanggung jawab dan tugas untuk memajukan Kabupaten Purwakarta. “Harus benar-benar memanfaatkan potensi yang ada di Purwakarta,” katanya.

Hadir pula dalam pelantikan itu antara lain mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung, aktris Nurul Arifin, dan sejumlah anggota DPR-RI dari partai berlambang pohon beringin itu.

Pengamanan acara tersebut tampak sangat ketat, setiap tamu diperiksa petugas dengan alat pendeteksi. Selain polisi dan TNI, satuan polisi pamong praja serta sejumlah anggota organisasi kemasyarakatan dan organisasi kepemudaan juga turut mengamankan acara itu.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s