Terowongan Kebayoran Lama Tergenang

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan terowongan bawah tanah di Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Rabu (12/3) malam tergenang air karena pompa air di terowongan itu rusak. 

“Sebenarnya ada pompa tapi tidak bisa dipakai karena tergenang air,” kata Fauzi di Balaikota Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, kondisi itu sebenarnya bisa diantisipasi dengan menggunakan pompa bergerak (portable) namun hal itu terlambat dilakukan.

“Sebenarnya ada teknologinya supaya `underpass` tidak terbenam air tapi memang ada keterlambatan dalam penggunaan pompa bergerak,” katanya.

Pada kesempatan itu Gubernur menambahkan pula bahwa supaya kejadian itu tidak berulang, ke depan selain peralatan sumber daya manusianya juga harus disiagakan.

“Memang yang harus disiagakan manusianya, jadi kalau pompa di `underpass` tidak berfungsi harusnya langsung menggunakan yang lain,” katanya.

Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Budi Widiantoro mengatakan pihaknya sudah menangani masalah tersebut.  “Semalam sudah kita tangani. Sudah dikeringkan dengan pompa bergerak,” katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa pompa air di terowongan bawah tanah tersebut ditanam di bagian bawah terowongan sehingga tergenang dan tidak bisa beroperasi saat banjir.
“Harusnya ditaruh di atas tapi secara estetika jadi tidak indah,” katanya.

Guna mengantisipasi terjadinya masalah serupa, Kasubdis Jembatan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Masrizal mengatakan, tanggul di daerah sekitar terowongan bawah tanah itu akan ditinggikan dari 60 sentimeter menjadi 1,2 meter.

“Kami sudah meminta PT Pembangunan Perumahan untuk meninggikan tanggul menjadi 1,2 meter karena hingga kini `underpass` masih dalam pemeliharaan mereka,” katanya.

Pada Rabu malam, terowongan bawah tanah di Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, terendam air antara 60sentimeter dan 70 sentimeter sehingga tidak bisa dilalui kendaraan bermotor.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s