Harga Emas Melonjak, Saham AS Naik

WASHINGTON – Saham-saham AS rally pada perdagangan Kamis, karena harga emas mencapai 1.000 dolar AS per ons dan para analis memperkirakan writedowns (penurunan nilai aset) terkait krisis kredit perumahan hampir berakhir.

Saham-saham finansial tertolong oleh prediksi Standard & Poor`s bahwa bank-bank telah mendekati akhir dari “writedowns” mereka terkait kredit kepada para peminjam dengan reputasi kredit buruk yang telah mendorong kegagalan dan melukai ekonomi AS, Bloomberg melaporkan.

Menteri Keuangan AS Henry Paulson telah mempersiapkan detil rencana pemerintah terhadap regulasi lanjutan pada industri mortgage. Namun mayoritas ekonom yang disurvei The Wall Street Journal, Kamis, mengatakan ekonomi AS telah turun ke dalam sebuah resesi.

“Faktanya sekarang melebihi sebuah keragu-raguan,” kata Scott Anderson dari Wells Fargo kepada surat kabar. Anderson adalah bagian dari 71 persen dari 55 ekonom yang menyatakan setuju bahwa ekonomi AS sudah berada dalam resesi.

Saham-saham pertambangan terdorong naik melonjaknay harga emas dan energi yang dipico rekor baru harga minyak. Indeks saham blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 35,50 poin atau 0,29 persen menjadi 12.145,74. Indeks Standard & Poor`s 500 meningkat 6,71 poin atau 0,51 persen menjadi 1.308,77. Indeks komposit Nasdaq naik 19,74 poin atau 0,88 persen menjadi 2.263,61.

Sementara mata uang AS mencapai rekor terendah baru terhadap euro menjadi 63,99 sen euro dari 64,29 sen euro pada Rabu, dan menjadi 100,44 yen terhadap mata uang Jepang dari 101,53 yen pada Rabu, demikian DPA.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s