Nazaruddin: Saya Ingin Istirahat

JAKARTA – Adzan Jumat baru berkumandang di Masjid Al Falah. Pria setengah baya ini pun larut dalam doa. Matanya lalu lebih banyak menerawang saat khotib berkhotbah.  Dia adalah mantan Ketua KPU Nazaruddin Sjamsuddin. Udara bebas dihirupnya sejak Kamis 14 Maret 2008 malam dengan pembebasan bersyarat.

Wajahnya tampak segar saat berbincang dengan detikcom usai Salat Jumat.  “Saya pulang tadi malam,” ujarnya membuka obrolan di Masjid Al Falah, Komplek Pertani, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (14/3).

Nazaruddin yang tampak santai dengan t-shirt hitam dan celana hitam ini mengatakan dirinya belum punya rencana khusus setelah kembali dengan keluarga. “Sekarang saya mau istirahat dululah,” jawabnya.

Aktivitas mengajar yang digelutinya sampai menjadi Guru Besar UI, mungkin juga tidak dilakukannya lagi. “Saya sudah pensiun sekarang. Tinggal tunggu SK-nya keluar,” jelas Nazaruddin.

Terpisah selama 2 tahun 10 bulan, keluarga sungguh menanti kepulangan Nazaruddin di rumahnya, Jl Minyak No 13, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Keluarga menyambutnya dan juga sejumlah kolega mantan anggota KPU.

“Sudah, sudah pada nengok. Ada Chusnul (Chusnul Mariyah), Anas (Anas Urbaningrum),” kata dia menyebut sejumlah nama.

Hari-hari tenangnya kini akan dia isi dengan menulis buku. “Ada rencana menulis buku, tapi masih belum tahu tentang apa,” pungkas Nazaruddin mengakhiri obrolan.

Mobil Toyota Soluna hitam menantinya di depan masjid. Di balik kemudi, ada puteranya yang tadi ikut salat bersama Nazar. Mereka pun lalu meluncur pulang.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s