Harga Ikan di Semarang Turun

SEMARANG – Harga ikan laut segar di Semarang mulai bergerak turun dalam sepekan terakhir, seiring para nelayan di daerah tersebut kembali melaut.  Berdasarkan pantauan di Pasar Ikan Higienis Rejomulyo Semarang, Rabu, harga ikan laut turun berkisar Rp2 ribu hingga Rp9 ribu/kg.

Penurunan harga sejumlah ikan tersebut, antara lain ikan dorang yang sebelumnya mencapai Rp32 ribu/kg turun menjadi Rp23 ribu/kg, kerapu dari Rp16 ribu/kg menjadi Rp14 ribu/kg, tengiri dari Rp32 ribu/kg menjadi Rp23 ribu/kg, kakap dari Rp32 ribu/kg menjadi Rp28 ribu/kg dan cumi dari Rp32 ribu menjadi Rp26 ribu/kg.

Seorang pedagang Sri Wahyuni mengatakan, penurunan harga ikan laut karena pasokan kembali berjalan lancar, setelah sebelumnya nelayan tidak berani melaut karena cuaca buruk.

“Pasokan ikan dalam sepekan terakhir kembali normal, yang sebelumnya sempat kesulitan mencari pasokan karena nelayan tidak berani melaut akibat cuaca buruk,” katanya.

Meskipun harga ikan laut bergerak turun, harga ikan air tawar cenderung stabil, jenis gurami dijual Rp23 ribu/kg, lele Rp13 ribu/kg, dan ikan mas Rp17.500,00/kg.

Ia mengatakan, harga ikan air tawar relatif stabil karena tidak terpengaruh oleh kondisi cuaca di laut.  “Harga ikan air tawar tidak ada perubahan, karena merupakan hasil ternak yang setiap saat pasokan selalu terpenuhi,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s