Pemilu 2009 Hadapi Banyak Kerumitan

JAKARTA – Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie menganggap pelaksanaan Pemilu 2009 akan menghadapi banyak kerumitan.  “Kami di MK menganggap Pemilu 2009 akan menghadapi banyak kerumitan disamping karena undang-undang tentang penyelenggaraan pemilunya baru, juga ada beberapa perubahan termasuk kemungkinan di UU Pilpres,” katanya seusai bertemu dengan Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary di Jakarta, Rabu.

Demikian pula revisi UU Pemerintahan Daerah yang di dalamnya mengatur juga soal perselisihan hasil pilkada, menurut Jimly, turut membuat kerumitan tersebut.

Oleh karena itu, pimpinan Mahkamah Konstitusi dan KPU bertemu untuk mendalami dan mengadakan perubahan teknis penyelenggaraan terutama dalam penyelesaian perselisihan hasil pemilu.

“Tentu saya sangat berharap kiranya ada `meeting of mind` (pertemuan pemikiran) dengan KPU, MA, kepolisian dan kejaksaan, nanti juga Badan Pengawas Pemilu,” katanya.

Jimly menegaskan, jika perubahan tidak disiapkan maka akan menimbulkan kerumitan yang sebenarnya tidak perlu, hingga mengganggu kesuksesan pelaksanaan pemilu.

Terlebih lagi, kata dia, pelaksanaan pemilu nanti akan lebih seru mengingat banyaknya peserta.

Kemudian, tidak menutup kemungkinan akan banyak peserta yang mengadukan terkait pelaksanaan pemilu itu ke Mahkamah Konstitusi. “Apalagi MK-nya sudah berdiri sejak lima tahun, hingga orang sudah tahu dan akan banyak kasus ke sini. Kalau tidak disiapkan, kami khawatir,” katanya.

Ia menyebutkan pertemuan pertama dengan KPU tersebut belum terlalu banyak membahas hal yang harus disamakan persepsinya karena UU tentang Pemilu belum lengkap.

Sementara itu, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary mengatakan, tujuan pertemuan tersebut untuk menyamakan persepsi berbagai pasal dalam UU tentang Pemilu karena Mahkamah Konstitusi dan KPU masing-masing membuat peraturan.  “Peraturan ini diharapkan sinkron jangan sampai terjadi perbedaan-perbedaan persepsi hingga timbul persoalan,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s