Perlu Benahi Layanan Investasi

SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang perlu membenahi pelayanan investasi kepada investor, karena tingkat pelayanan investasi di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini masih kalah dengan daerah lain.

“Semarang harus membenahi pelayanan investasinya, kalau tidak, pasti akan tertinggal jauh dengan kota lain,” kata Ketua Komite Tetap Percepatan Investasi Kadin Jateng Didik Soekmono, usai persiapan Semarang Bussiness Forum (Sembiz) 2008 di Semarang, Rabu.

Menurut dia, layanan investasi yang masih buruk tersebut ditandai dengan sedikit proyek investasi yang terealisir pada Sembiz 2007. Tercatat dari total 19 proyek yang dihasilkan dalam Sembiz 2007, yang terealisir baru satu proyek yaitu pengolahan sampah di Jatibarang.

Sedangkan proyek sistem penghematan listrik penerangan jalan umum, baru dalam proses realisasi. Diperkirakan proyek ini akan bisa terealisir dalam satu hingga dua bulan ke depan.

Ia mengatakan, pembenahan pelayanan itu terutama dalam perizinan dan insentif kepada investor yang hendak menanamkan investasinya di Semarang. Hal ini agar mempermudah dan memperingan biaya yang dikeluarkan investor. “Kalau akan ada Sembiz 2008, maka tahun ini akan menjadi bukti, apakah ada pembenahan secara riil pelayanan investasi di Kota Semarang,” katanya.

Untuk memperbaiki layanan, perlu adanya pembentukan pos audit oleh Pemkot. Melalui pos ini Pemkot Semarang bisa memberikan insentif kepada investor, seperti dalam mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin HO, dan lainnya.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Aset Daerah Kota Semarang Harini Krisniati mengatakan, perbaikan layanan investasi akan dilakukan dalam rangka menyambut Sembiz 2008. Ini agar investor benar-benar merealisir proyek yang diminatinya. “Tahun ini proyeknya akan lebih riil, begitu juga insentif yang akan diberikan,” katanya.

Sembiz 2008, katanya, merupakan kegiatan rangkaian dalam peringatan HUT Kota Semarang ke-461. Beberapa pengusaha dari China dan Jakarta sudah menyatakan akan hadir dalam event ini. Proyek-proyek yang akan ditawarkan sekarang baru dalam tahap penyusunan beserta nilainya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s