Ngawi Siaga III Hadapi Banjir

NGAWI – Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana Alam (PBA) Ngawi saat ini menerapkan status Siaga III terhadap bencana banjir. Penerapan status itu menyusul terjadinya curah hujan tinggi yang berlangsung selama ber jam-jam di kawasan hulu seperti Madiun, Magetan, Pacitan, dan Sragen, Jawa Tengah.
“Saat ini kita terus siaga dan waspada terhadap banjir yang bisa datang sewaktu-waktu,” ujar Koordinator Satlak PBA Ngawi, Shodiq Tri, di Ngawi, Jawa Timur, Jumat (21/3).

Menurutnya, kawasan Ngawi rawan terjadi banjir akibat kiriman dari daerah hulu melalui dua sungai besar yakni Sungai Bengawan Solo dan Sungai Bengawan Madiun. Di Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo rawan mendapat kiriman banjir dari Waduk Gadjah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah dan daerah sekitarnya. Sedangkan, di DAS Bengawan Solo rawan mendapat kiriman banjir dari daerah Madiun dan sekitarnya.

Dari pantauan di Sungai Bengawan Solo dan Sungai Madiun menunjukkan, ketinggian air terus naik. Di Sungai Bengawan Madiun ketinggian air mencapai 8,5 meter. Sedangkan, di DAS Bengawan Solo ketinggian air mencapai 7,8 meter sampai 8 meter. “Di Sungai Bengawan Solo ketinggian air cenderung terus naik,” jelasnya.

Dia juga mengaku mendapatkan laporan bahwa kawasan Solo dan Sragen terjadi hujan deras selama beberapa jam. Sedangkan, kawasan lereng Gunung Wilis dan Gunung Lawu juga terjadi hujan deras selama beberapa jam. Dikhawatirkan jika kiriman banjir dari dua sungai menumpuk di Ngawi akan menyebabkan terjadinya banjir lagi.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s