Tintin ‘Bersedih’

BRUSSELS – Anda pernah membaca komik petualangan Tintin? Cerita karangan Georges Remi itu tidak akan mendunia tanpa adanya penerbit. Nah, kini Tintin bersedih karena orang yang berjasa menerbitkannya, Raymond Leblanc, meninggal di usia 92 tahun.

Leblanc adalah penerbit asal Belgia yang menjadi figur di balik meledaknya buku komik Prancis-Belgia di tingkat dunia. Berjuang mempublikasikan buku komik semasa Perang Dunia II bukanlah pekerjaan gampang. Namun hal itu dijalani Leblanc dengan bersungguh-sungguh.

Ikon pemuda reporter bernama Tintin muncul pertama kali pada 1929, dengan 12 buku di bawah nama pengarang Herge. Perusahaan Leblanc mulai menerbitkan Tintin dalam bentuk majalah mingguan pada 1946.

Leblack pun membuat rumah penerbitan, Lombard (meskipun pada 1986, dia lantas menjualnya). Cerita bergambar Tintin lantas meraih kesuksesan. Tak heran, di Brussels dibangun patung raksasa karakter tersebut dan menjadi monumen nasional.

Pada Mei 2007, dilaporkan penjualan cerita petualangan Tintin di seluruh dunia mencapai 200 juta. Cerita tersebut pun telah diterjemahkan ke dalam 60 bahasa. Penjualan buku per tahun juga tercatat fantastis, mencapai 2 juta kopi.

Sedangkan pengarang Tintin George Remi yang lahir 2 Mei 1907, telah meninggal pada 3 Maret 1983. Dia menggunakan nama pena Herge. Herge adalah pelafalan bahasa Perancis untuk ‘RG” yang merupakan kebalikan singkatan namanya.

Herge memang telah 24 tahun tiada. Demikian halnya dengan Leblanc. Namun kisah Tintin masih mendunia, dibaca dan disaksikan ribuan bahkan jutaan orang dari seluruh dunia.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s