BI Berharap Pilgub Jateng 2008 Lancar

SEMARANG -Bank Indonesia (BI) berharap pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah yang akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2008 berjalan lancar, tanpa ada gangguan apa pun. “Jika pelaksanaan Pilgub Jateng yang akan digelar pada tanggal 22 Juni 2008 berjalan lancar, maka dapat mendorong aktivitas perekonomian di provinsi ini,” kata Pemimpin BI Semarang, M. Zaeni Aboe Amin, di Semarang, Kamis.

Dengan adanya Pilgub Jateng yang berjalan lancar maka dapat memunculkan efeknya mendorong aktivitas perekonomian di provinsi ini. Namun sebaliknya, jika dalam pelaksanaan Pilgub Jateng terjadi konflik horisontal yang mengganggu kondisi keamanan, maka malah dapat menjadi bumerang bagi iklim investasi dan stabilitas perekonomian yang sudah mulai meningkat.

Oleh karena itu, katanya, BI mengharapkan adanya peran dan kedewasaan dari semua pihak agar situasi yang sudah aman dan kondusif yang bersama-sama disemai, dipupuk, dipelihara agar jangan sampai sirna serta menimbulkan kerugian bagi semua pihak.

BI Semarang, kata Zaeni, masih memiliki optimisme yang cukup tinggi terhadap prospek kondisi perekonomian pada tahun 2008. “Dari sisi pertumbuhan perekonomian, kita memprediksi pertumbuhan perekonomian Jateng berada pada kisaran 5,9 persen-6,3 persen,” katanya.

Menyinggung laju inflasi, ia memperkirakan berada pada kisaran 5+1 persen, sama dengan target yang ditetapkan Bank Indonesia (BI) secara nasional. Sedangkan pertumbuhan ekonomi nasional sampai tahun 2009 diprediksi akan terus meningkat secara bertahap menuju laju 7 persen per tahun.

Ia mengatakan, pertumbuhan ekonomi tersebut terutama akan didukung meningkatnya kapasitas perekonomian sejalan dengan rasio investasi terhadap produk domestik bruto (PDB) yang terus meningkat merespons berbagai perbaikan.

Zaeni mengatakan, perbaikan itu mencakup daya beli masyarakat, nilai tukar yang stabil, dan inflasi yang terus mengarah pada laju yang semakin rendah. Sedangkan sasaran inflasi sampai tahun 2010 adalah 5?1 persen pada tahun 2008, 4,5?1 persen (2009), dan 4?1 persen pada tahun 2010.

“Kita selalu berharap agar pertumbuhan perekonomian di Jateng setiap tahun semakin mengesankan. Jika ekonomi tumbuh mengesankan, maka kesejahteraan rakyat semakin meningkat,” katanya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s