Hotel Purnama, Kemewahan dalam Kesejukan

MALANG – Hotel Purnama hingga kini tetap menyandang predikat satu-satunya hotel berbintang empat di kawasan Malang dan sekitarnya. Terletak di Kawasan Wisata Pegunungan Kota Batu yang terkenal dengan keindahan pemandangan alam, udara nan sejuk, dan keramahan masyarakatnya.
Kota wisata, Batu sudah dikenal sejak abad ke-10 sebagai tempat peristirahatan keluarga kerajaan Sindok yang waktu itu berkuasa di kawasan ini. Sejak awal abad ke-19 tidak sedikit orang-orang Belanda bekerja di perkebunan dan berternak sapi perah.

Itulah sebabnya hingga kini masih terlihat banyak bangunan dan rumah-rumah peninggalan masa pemerintahan Hindu Belanda yang ber-arsitektur ala Eropa, dan ini pula yang membuat kota Batu disukai wisatawan dalam negeri maupun manca negara terutama mereka yang berasal dari daratan Eropa. Bahkan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, pernah menjadikan Batu sebagai salah satu tempat peristirahatan kesukaannya yakni Selecta yang hingga kini masih sering dikunjungi oleh masyarakat luas.

Sejumlah daerah tujuan wisata yang ikut menunjang daya tarik kota Batu adalah Songgoriti yang memiliki Candi Supo. Nama ini berasal dari nama seorang petinggi keraton masa pemerintahan Raja Sindok, bernama mPu Supo.

Di tempat ini karena terdapat sumber air dingin dulu dijadikan sebagai tempat pencucian benda-benda pusaka milik keraton dan lama kelamaan entah karena dampak dari berbagai benda pusaka tersebut air sumber itu akhirnya berubah menjadi panas, sampai saat ini Songgoriti dikenal sebagai tempat wisata pemandian air panas.

Hotel Purnama berdiri sejak awal tahun 1973 atas prakarsa Ibu Tien Megahwati. Mulanya Hotel Purnama hanya dalam bentuk losmen dengan kondisi bangunan yang terdiri dari tiga blok, masing-masing dua blok bangunan untuk kamar dan satu blok bangunan untuk restoran.

Sejak menjadi berpredikat bintang empat, hotel ini menambah jumlah kamar bertambah menjadi 162 unit, dengan adanya jenis kamar Cottages suatu jenis yang dikhususkan bagi tamu yang ingin menikmati suasana Kota Batu dalam kenyamanan tersendiri.

Kamar Cottages yang dimiliki Hotel Purnama terdiri dari dua jenis. Cottages Twin, terdiri atas empat kamar yang bisa dihubungkan satu dengan lainnya. Setiap kamar dilengkapi dua tempat tidur. Sedangkan Cottages Double, gabungan dua kamar mandiri tapi juga dapat dihubungkan. Masing-masing kamar dilengkapi satu tempat tidur besar serta kamar mandi istimewanya yang memiliki dua sarana pancuran (shower) dan mandi berendam (bathtub). Ditambah ruang tamu dan ruang makan yang nyaman. Di bagian luar ditanami aneka bunga.

Reservasi:
HOTEL PURNAMA

JI. Raya Selecta 1-15
Bata, Malang 65338
Jawa Timur, Indonesia
Telepon (0341) 592700
Faximile (0341) 592710
E-mail: reservation@purnamahotel.co.id
Homepage: http://www.purnamahotel.co.id

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s