Operator Diimbau Pasang Iklan yang Transparan

JAKARTA – Seluruh operator telekomunikasi diimbau untuk memasang iklan tarif yang lebih transparan dan proporsional, seiring makin murahnya tarif telepon dan ketatnya persaingan di sektor telekomunikasi.

Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar telah mengirimkan surat ‘ultimatum’ kepada 12 direktur utama penyelenggara telekomunikasi di Indonesia perihal iklan tersebut. Mereka adalah Telkom, Indosat, Telkomsel, Excelcomindo Pratama, Bakrie Telecom, Batam Bintan Telecommunication, Huchison CP Telecommunication, Mobile-8 Telecom, Natrindo Telepon Seluler, Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, Smart Telecom dan PT Pacific Satelit Nusantara.

Lebih lanjut disebutkan bahwa iklan layanan telekomunikasi yang ditawarkan penyelenggara telekomunikasi di media cetak, elektronik maupun media luar ruang dinilai tidak memberikan informasi yang lengkap sehingga sering terjadi misinterpretasi di kalangan konsumen.

Iklan tersebut juga dinilai melampaui batas etika dan tidak memberikan nilai pendidikan bagi masyarakat. Kondisi tersebut dapat dianggap berpotensi melanggar ketentuan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, tepatnya Pasal 10 dan Pasal 17 ayat 1.

Dalam surat tersebut juga disebutkan agar para operator memperhatikan aturan dan ketentuan berlaku mengenai kewajiban untuk memberikan informasi yang benar dan tepat mengenai harga atau tarif, kondisi dan tawaran potongan harga dari barang dan/atau jasa yang ditawarkan.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s