Pasar Barang Antik Dipindah ke Kota Tua

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana memindahkan pasar barang antik dari Jl. Surabaya ke kawasan Kota Tua yang dianggap lebih sesuai daripada lokasinya yang sekarang. “Kawasan Kota Tua sedang berbenah. Maka, jika direlokasi ke sana diharapkan akan menghidupkan Kota Tua,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Prijanto setelah menghadiri HUT Satpol PP ke-58 dan Linmas ke-46 di Monas, Jakarta Pusat, Kamis.

Pasar barang antik itu berjumlah 184 kios yang berukuran 2,5 kali empat meter yang terbentang di atas trotoar di sepanjang Jl. Surabaya. Kios barang antik itu dianggap mengganggu para pejalan kaki sehingga Pemprov berniat memindahkannya.

Sementara itu, Pemprov juga tengah melakukan revitalisasi Kota Tua yang akan dijadikan sebagai ikon wisata budaya di Jakarta sehingga dianggap tepat jika disatukan dengan Pasar Antik.

Prijanto menyebut bahwa meskipun Jl. Surabaya telah menjadi sebuah ikon wisata bagi para pemburu barang antik, memindahkannya ke Kota Tua tidak akan mematikan pasar yang telah ada sejak tahun 1974 itu.

“Justru akan kita buat ikon baru di Kawasan Kota Tua,” katanya.

Sekretaris Komisi B (bidang perekonomian) DPRD DKI Jakarta Nurmansjah Lubis ketika dihubungi di Jakarta, Kamis, menyatakan menyayangkan rencana relokasi ini.

Perubahan yang harus dilakukan, menurut Nurmansjah adalah dengan memodernisasi Pasar Jl. Surabaya.

“Tetapi bukan dengan merelokasi. Lagi pula menurut saya (letaknya) tidak mengganggu dan tidak mendesak untuk direlokasi,” katanya.

Sebelumnya, Dinas Pertamanan menyatakan akan melakukan penataan ulang di Jl. Surabaya karena letaknya yang di atas trotoar dan di pinggir kali dianggap dapat menyebabkan kemacetan.

Ada empat pilihan yang dipersiapkan Dinas Pertamanan yaitu dengan meninggikan kios-kios sehingga tidak lagi menggunakan trotoar, memindahkan para pedagang ke Stasiun Cikini, mencari tempat lain bagi para pedagang barang antik tersebut dan menggabungkan para pedagang dengan pasar komersial lainnya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s