Gedung Tiga Lantai Tanpa IMB Dibongkar

JAKARTA – Dinas Pengawasan dan Penataan Bangunan (P2B) DKI Jakarta kembali membongkar bangunan tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Jalan Gernuk, Setiabudi, Jakarta Selatan. “Bangunan itu tidak bisa diberikan ijin, karena lokasinya terkena jalan dan peruntukan hijau terbuka (PHT),” tegas Kepala Dinas P2B DKI Jakarta Harry Sasongko.
Didampingi kepala Sudin P2B Jakarta Selatan Ir Suharsono dan Kasie P2B Kec Setiabudi H Robani, Harry Sasongko tidak akan mentolerir kegiatan pembangunan di Jakarta tanpa dilengkapi perijinan atau melanggar perijinan. “Setahun ada 4.500 bangunan yang melanggar, dari jumlah itu ada dikenakan bongkar paksa dan diberikan ijin jika memungkinkan,” katanya di lokasi pembongkaran Kamis (17/4).

Jika dihitung-hitung kata Hary S dengan seyum tipisnya mengatakan, setiap hari sangat banyak bangunan yang diberikan tindakan atau sanksi pembongkaran. “Sehari sekitar 13 bangunan yang melanggar dan diberikan sanksi,” katanya.

Tingginya angka pelanggaran kegiatan pembangunan di Jakarta, Hary S, akan terus berupaya dan berusaha menekan jumlah pelanggaran yang dilakukan masyarakat. Salah satunya, tambah dia, dengan melakukan bongkar paksa terhadap bangunan tanpa ijin dan tidak mungkin diberikan ijin. “Berbagai cara dan metode dilakukan, untuk menekan angka pelanggaran,” tegasnya.

Disinggung lemahnya pengawasan yang mengakibatkan bangunan sempat berdiri hingga berlantai- lantai dan adanya oknum P2B yang menjamin, Hary Sasongko mengatakan, kurangnya sumber daya manusia (SDM) dan tigginya tingkat kegiatan pembangunan di Jakarta yang membuat terkesan lemahnya pengawasan dan lambatnya penanganan bangunan yang melanggar.

Pihaknya, tegas Harry S, tidak akan mentolerir jika ada oknum P2B yang coba-coba mendekingi bangunan bermasalah. Jika terbukti, tegasnya, oknum tersebut akan dikenakan hukuman adaministrasi sesuai ketentuan dan aturan yang ada.

Pembongkaran gedung empat lantai yang tidak diketahui pemiliknya itu, merupakan yang kedua kalinya sebelumnya akhir tahun 2007 dengan surat perintah bongkar yang dikeluarkan Sudin P2B Jaksel tanggal 12 Nopember 2007.

Sementara itu, H Robani, Kasie P2B Kecamatan Setiabudi menjelaskan bahwa peringatan atas kegiatan pembangunan gedung tiga lantai tanpa dilengkapi IMB sudah diberikan kepada pemiliknya. Namun tambahnya, sampai saat ini pihak pemilik yang tidak pernah diketahui tidak mengindahkan peringatan tersebut.

Sebelumnya, perkantoran mewah di Jl. Adytiawarman, Kebayoran Baru yang tak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) mulai dari lantai 7 hingga 9 dibongkar paksa tim gabungan Pengawas dan Penataan Bangunan (P2B) DKI Jakarta. (maruf ridwan)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s