PKL Melawai Ditertibkan. Pengelola DS Dibiarkan

JAKARTA – Puluhan pedagang makanan dan gerobak rokok di Jl. Melawai XII, Kebayoran Baru dan Jl. Karet Belakang, kel. Karet Semanggi digaruk petugas Tramtib Jaksel. Penertiban tersebut dilakukan karena pedagang memanfaatkan areal trotoar dan saluran, sehingga dianggap melanggar peraturan daerah (Perda) No 11 tahun 1988.
Perda yang isinya tentang ketertiban umum di wilayah DKI Jakarta, tidak memilah-milah siapa yang melanggar. Tetapi kenyataan dilapangan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, dalam melaksanakan perda itu pilih kasih. “Ini namanya pilih kasih. Kita pedagang kecil ditertibkan, pengusaha gede dibiarkan,” kata Sugeng pedagang disana.

Seperti yang terlihat di Jalan Darmawangsa, Pulo, Kebayoran Baru, asset milik Pemda DKI Jakarta berupa trotoar dan saluran dimanfaatkan dan dialihfungsikan menjadi areal perparkiran Darmawangsa Square (DM). Diatas saluran dan trotoar yang dibangun Pemda DKI Jakarta oleh pengelola Darmawangsa Square dimanfaatkan untuk mobil sekitar 25 kendaraan (berbaris, red) dan motor sekitar 50 kendaraan (berjejer, red), dengan biaya parkir per jam Rp2.000 dan Rp1.000.

Plh Walikot Jakarta Selatan Drs Budiman Simarmata yang meninjau langsung penertiban di jalan Melawai, tidak bisa berkomenhtar banyak ketika ditanyakan soal alih fungsi yang terjadi. “Ya nanti kita lihat dahulu,” katanya singkat.

Padahal kasus ini sudah mencuat setahun lalu dan pernah dirapatkan tingkat kota yang di pimpin Asisten Ekbang Fatahillah, namun sampai saat ini tidak pernah ada tindakan atau sanksi minimal saluran dan trotar itu dikembalikan fungsinya seperti semula. (maruf ridwan)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s